Tips Sukses Dalam Belajar

Tips Sukses Dalam Belajar
Dhimas blogBagi kamu para pelajar mungkin ingin mengetahui tips belajar yang cepat, terkadang mungkin anda iri melihat teman sekelas yang prestasinya selalu meningkat setiap semester. Saya ada tips belajar tertentu yang sebenarnya bisa di ikuti, Menjadi murid yang berprestasi adalah impian semua pelajar bukan? dan tentunya orang tua juga. Namun, itulah kompetisi di sekolah dengan berbagai tingkat kemampuan menangkap dan guru yang mengajar mampu member pengaruh pada prestasi yang di milii peserta didik. Pendidikan Indonesia saat ini bisa di permudah dengan kehadiran berbagai media untuk belajar. Sehingga seharusnya tidak ada keterbatasan pengetahuan atau kesenjangan ilmu pengetahuan.


Berikut 4 tips belajar yang mudah untuk di ikuti oleh kita yang ingin sukses dalam belajar :

1. Niat Yang Besar 


Niat sangat besar perannya dalam mempengaruhi sukses tidaknya kita belajar. Niatkan bahwa kita belajar semata - mata untuk memenuhi kewajiban kita sebagai seorang muslim yaitu harus menuntut ilmu, jadi jadikan belajar sebagai bagian dari ibadah. Mulailah dengan membaca basmalah, Insya Allah kita akan konsentrasi dalam belajar.

2. Pengaruh Lingkungan Sekitar 


Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan belajar diantaranya orang tua, guru dan teman. Walaupun tentu saja kecerdasan kita sendiri sangat mempengaruhi kesuksesan dalam belajar, namun karena hal tersebut adanya di dalam dan bukan faktor luar maka hal itu tidak disertakan dalam faktor lingkungan sekitar.

Peran orang tua dan guru sangat penting dalam pendidikan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita mengembangkan sikap yang independen dan kreatif dalam proses belajar dan bukan hasil instan yang hanya berhasil bila ada pengawasan dari orang tua atau guru. Dan faktor lain yang perlu diperhatikan adalah dengan siapa kita bergaul. Carilah teman yang bisa memotivasi kita untuk bersaing dalam menuntut ilmu.

3. Sarana Untuk Belajar


Buku-buku yang berkualitas di rumah, di perpustakaan sekolah, turut berperan dalam kesuksesan belajar kita terutama dalam pengembangan minat membaca. Suasana tempat belajarpun akan mempengaruhi kenyamanan kita dalam belajar. Hal lain yang cukup penting dalam proses belajar pada era teknologi ini adalah komputer dan koneksi internet. Begitu banyak informasi berkualitas yang gratis yang tersedia di internet yang dapat kita manfaatkan.

4. Cara Belajar


Cara belajar yang benar adalah dengan mempelajari bahan pelajaran secara bertahap, sedikit demi sedikit. Setiap kita memperoleh pelajaran maka jangan ditunda -tunda untuk mempelajarinya. Pada umumnya kita masih terbiasa dengan belajar pada saat-saat akhir, sehari sebelum ulangan.

Tidak mengherankan bila prestasi belajarnya juga tidak terlalu baik. Salah satu teknik membaca yang perlu diketahui adalah teknik membaca cepat. Dengan teknik ini kita diajarkan untuk membaca indek, daftar isi, judul dan sub judul dan membaca isinya secara cepat dengan hanya menggunakan mata dan jangan menggunakan bibir, dan
membaca pertanyaan- pertanyaannya. Dalam waktu yang singkat, kita diharapkan telah mengetahui secara umum apa yang dibahas dalam buku tersebut.

5. Mengulang - Ulang


Jika anda termasuk dalam kategori anak yang tidak encer solusi pertama adalah coba lagi dan lagi (Thomas alva Edison), Ingat anda sebenarnya bisa mencapai sebuah prestasi seperti teman anda yang pandai. Tapi ibarat teman anda adalah motor anda adalah sepedah, maka dari itu jangan menyerah terus mengulan-ulang materi yang telah diajarkan. Dan ketika anda sampai pada titik tujuan anda, semua yang anda lakukan hanyalah permainan belaka.

6. Konsisten


Tahukah anda siapa Baharudin Jusuf Habibie, ya dialah jenius indonesia abad 21 yang mampu membuat pesawat terbang dan menerbangkan pesawat tersebut pertama kali didunia secara live dilihat seluruh penjuru dunia pada stasiun - stasiun telivisi. Yang pada saat itu belum ada ahli dirgantara yang mempublikasikan peluncuran pesawat langsung kepada publik karena itu merupakan kwalitas harga diri seorang engineer dipertaruhkan.

Beliau eyang Habibi berpesan pada cucunya pemuda indonesia, untuk selalu konsisten dalam menekuni bidang disiplin ilmu yang anda pelajari. Karena dengan konsisten anda bisa seperti saya, ujar BJ. Habibie

So, semoga artikel diatas yang berjudul Tips Sukses Dalam Belajar bermanfaat bagi kita semua.

12 comments:

  1. wahhh bermanfaat sekali buat para pelajar kaya saya :D

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak informasinya mas admin, semoga sukses selalu. Salam.

    ReplyDelete
  3. artikelnya sangat bermanfaat sekali
    makasih udah share ya :)

    ReplyDelete
  4. kalo saya jarang belajar malam karena ngantuk dan kadang mati listrik shg belajar disaat matahari masih terang

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Makasih tipsnya :-)

    ReplyDelete
  7. Tips yg berguna...makasih ya udah share

    ReplyDelete

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar ini, dan saya akan berusaha untuk membalasnya.

Ruler :
- Tidak berkata kasar
- Tidak spam
- Tidak promo/menaruh link aktif

Powered by Blogger.