Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Di Android

Aplikasi berbahaya android
Dhimas blog - Siapa sih yang tidak kenal dengan Smartphone yang lagi Booming saat ini,Yup Android merupakan salah satu operasi sistem yang sangat terkenal dan lagi booming saat ini. Kelebihan dari Android adalah aplikasi yang komplit dan tampilan game yang lebih baik dari OS lainnya.

Banyak pengguna ponsel mendownload dan memasang aplikasi apa saja di ponsel androidnya tanpa menyadarinya akan bahanyanya sebuah aplikasi yang kamu download. Nah untuk itu kamu harus tetap waspada dan berhati - hati karena saat ini sudah marak adanya malware (Program Jahat) untuk menghancurkan ponsel Android sobat.

Nah untuk itu saya mempunyai beberapa tips agar Android kamu tetap aman dari malware tersebut, berikut tipsnya :

1. Pasang Anti Virus
Walaupun banyak orang beranggapan cara ini tidak ampuh namun tidak salahnya kamucoba.  Lengkapi ponsel anda dengan sistem keamanan, sekarang banyak pengembang anti virus untuk ponsel Android yang menghasilkan produk gratis dan lumayan untuk mencegah yang namanya malware.

2. Cek Rating atau Reputasi Aplikasi
Saking cerdasnya para cyber, mereka dapat menginjeksi aplikasi yang asli dengan malware dan lalu di publikasikan lagi.  Sebelum anda download lebih baik anda liat ratingnya, semakin tinggi rating berarti aplikasi tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang.

3. Cek Review/ulasan di Internet
Sebelum anda install aplikasi lebih baik anda liat review aplikasi tersebut.  Lakukan review lebih dari 3 sumber dan lihat testimoni/komentar para pemakainya agar keabsahan aplikasi itu benar-benar asli dan tidak berbahaya.

4. Cek App Permission
Sebelum diinstal, aplikasi akan meminta hak akses (permission) ke hardware dan software perangkat Anda, seperti daftar kontak, lokasi, koneksi internet, dan sebagainya.

5.  Download dari situs yang terkenal dan terpercaya
Saat ini situs yang menyediakan aplikasi dan game Android yang legal menurut yang saya tahu yaitu Google Play, sebelum di download liat review dan komentar dari aplikasi tersebut.

Nah itu dia tips dan Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Di Android untuk ponsel Android sobat. Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. itulah yang saya malas kalau download liar-liar di android,banyak virusnya,ditunggu kunjungan baliknya gan

    ReplyDelete

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar ini, dan saya akan berusaha untuk membalasnya.

Ruler :
- Tidak berkata kasar
- Tidak spam
- Tidak promo/menaruh link aktif

Powered by Blogger.