Tips Untuk Mengatasi Kesepian

Dhimas blog - Kesepian pada dasarnya adalah tentang bagaimana kamu memandang rasa sepi itu sendiri di dalam diri kamu. Maka dari itu perlu adanya cara untuk mengatasi rasa kesepian itu. Dalam artikel ini, saya akan menyajikan beberapa Tips Untuk Mengatasi Kesepian yang bisa anda lakukan, bersifat positif dan psikoterapi yang baik untuk kamu. Buat kamu yang sedang kesepian wajib baca nih!

Berikut Tips Untuk Mengatasi Kesepian :

1. Buatlah dua daftar yang panjang. Daftar pertama anda isi dengan hal-hal yang menyenangkan bagi anda dimulai dari yang paling menyenangkan. Daftar yang kedua adalah hal-hal yang tidak menyenangkan bagi anda dan dimulai dari yang paling tidak anda sukai.

2. Mulailah berbuat sesuatu untuk melakukan satu atau dua hal yang menyenangkan bagi anda sesuai daftar tersebut dan juga menghindari dengan sekuat tenaga apa yang tidak anda sukai di dalam daftar kedua. Berusahalah semaksimal mungkin dalam melaksanakan kegiatan dalam daftar pertama.

3. Anda membuat beberapa daftar nama teman anda yang anda kelompokkan berdasarkan sesuatu, misalnya teman SD, SMP, teman kantor dan lain sebagainya. Dalam setiap daftar, anda urutkan berdasarkan teman yang paling anda sukai.

4. Dari daftar-daftar diatas, carilah informasi kontak tentang mereka. Entah itu nomor ponsel, telepon kantor, pin BB, Facebook dan lain sebagainya. Setiap anda mendapatkan satu kontak, kejutkan mereka dengan sapaan anda. Mereka pasti akan terkejut dengan sapaan anda dan keceriaan mereka saat anda menghubungi mereka dapat membuat anda bahagia dan terlepas dari rasa kesepian.

5. Anda dapat terus menghubungi teman anda dalam beberapa kelompok tadi sesuai dengan urutan yang anda buat dalam daftar. Komunikasi harus terus dijalin, terus silaturrahim. Maka dengan ini anda akan membentuk jaringan baru pertemanan yang nyata.

6. Dari pertemanan ini dapat anda lihat siapa saja yang dapat anda jadikan sahabat. Hal ini berguna pada tahap selanjutnya. Sisihkan sebagian rejeki anda untuk memberi sahabat anda kejutan. Kejutan ini dapat anda berikan pada hari-hari tertentu seperti ulang tahun, hari raya, atau perayaan umum bersama. Hadiah yang diberikan tidak perlu mahal, namun perhatian dan kebersamaan itu lebih utama.

7. elain itu anda juga dapat mencari sisi lain kehidupan dengan memasuki sebuah komunitas baru seperti misalnya kursus memasak, mengikuti kelompok kerohanian atau mengkuti latihan bela diri. Kegiatan yang baru dan hal-hal baru dapat mengikis rasa kesepian anda.

Meskipun anda pernah dikecewakan dalam pergaulan, janganlah anda menghindari pergaulan. Mengurung, mengasingkan dan menutup diri tidak baik bagi kejiwaan anda. Yang lebih jauh lagi, ini akan merugikan kepentingan hidup anda, misalnya hubungan keluarga dan kekerabatan atau menghambat karier anda di kantor. Anda dapat melakukan banyak hal yang mungkin sudah anda lupakan saat ini. Seperti misalnya mendaki gunung bersama teman, traveling kecil-kecilan atau memancing di sungai. Yang terpenting, semua kegiatan harus disertai dengan pikiran yang positif. Semoga bermanfaat

8 comments:

  1. Nice triknya :)
    soalnya ane juga sering kesepian :D

    comeback

    ReplyDelete
  2. tanks ya Tips nya , kadang ane kesepian klo lg di tnggal istri...

    ReplyDelete
  3. Keren tipsnya izin dan langsung di coba...

    ReplyDelete
  4. Tipsnya boleh nih
    Bisa di coba di waktu kosong
    nice share mas

    ReplyDelete
  5. ane sih gk pernah kesepian gan tapi sering galau :D

    nice post :)

    ReplyDelete
  6. @sekedar info : sama aja gan -___-"

    ReplyDelete

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar ini, dan saya akan berusaha untuk membalasnya.

Ruler :
- Tidak berkata kasar
- Tidak spam
- Tidak promo/menaruh link aktif

Powered by Blogger.