Lima Tips Agar Android Aman


Hati-hati saat mengunduh aplikasi atau informasi. Sebab ancaman virus selalu mengancam. Jangan sampai kamu lengah hanya gara-gara kenikmatan ‘sesaat’ dengan mengikuti link sesat. Salah-salah ponsel pintarmu yang berbasis Android bisa ngadat (hang).

Asal tahu saja,terdeteksi tiga installer palsu untuk update aplikasi untuk Android, yakni Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A. Ada juga malware terbaru, namanya Droid Dream Light (DDLight). Yang ini telah berhasil memerdaya 30.000 – 120.000 pengguna untuk menggunakan 25 aplikasi terinfeksi. Begitu tulis Trend Micro dalam siaran persnya.

Gawat juga ya? Tenang, kamu bisa kok mengamankan ponsel Android-mu. Simak dulu lima tips ini:

1. Manfaatkan standar fitur keamanan di ponsel Androidmu

Masuklah ke menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel hilang secara fisik.

2. Jangan pilih seting Auto Connect untuk Wi-Fi

Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi, apalagi jika kamu memakai Internet banking.

3. Hindari instal aplikasi selain dari Android Market

Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di Android Market. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.

4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi

Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan kamu tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon

5. Gunakan aplikasi keamanan khusus ponsel Androidmu

Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, kamu disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password kamu,tapi juga semua data transaksi mobile banking kamu.

Namun masih ada cara-cara yang lain agar ponsel androidmu aman, tapi hanyalah salah satu dari sekian banyak cara yang lain, mungkin sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

No comments:

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar ini, dan saya akan berusaha untuk membalasnya.

Ruler :
- Tidak berkata kasar
- Tidak spam
- Tidak promo/menaruh link aktif

Powered by Blogger.