Ringkasan Profil Indonesia

     Nama resmi negara kita adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bentuk pemerintahan kita republik Presidensial dengan kepala negara kepala pemerintahan adalah presiden. Kota-kota besar di Indonesia antara lain Jakarta, Bandung, Medan, Makasar, dan Semarang.
     Nama Indonesia berasal dari bahasa Latin, Indus yang berarti India dan Yunani nesos yang berarti pulau. 
Sarjana Indonesia secara terang-terangan menggunakan nama Indonesia ketika mendirikan biro penerbitan di Belanda pada tahun 1913.
     Indonesia terrletak di ekuator sehingga beriklim tropis. Karena diapit oleh dua benua dan samudra.
Dengan ketinggian 5.030 m, puncak Jaya di Papua merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Danau Toba di Sumatra merupakan danau terluas, dengan luas 1.145 km.
     Lokasi Indonesia dipertemuan antara lempeng tektonik Pasifik,Eurasia, dan Indo-Australia. Letak ini menyebabkan letusan gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi.

Peta Indonesia

     Luas, iklim tropis, dan bentuk kepulauan mendukung keanekaragaman hayati Indonesia. Keanekaragaman Indonesia nomor dua setelah Brazil.
     Berdasarkan survei 2005, jumlah penduduk Indonesia 218 juta orang. Diperkirakan ada lebih dari 300 etnis di Indonesia. Etnis terbesar di Jawa (42%), Sunda, Melayu, dan Madura. Mayoritas penduduk (86%) menganut agama Islam.
     Ekonomi Indonesia krisis pada akhir tahun 1990-an. Indonesia sumber daya alam yang terbesar. Diantaranya minyak, gas alam, timah, tembaga, dan emas. Indonesia mengekspor gas alam terbesar kedua di dunia.
     Masalah yang dihadapi Indonesia saat ini adalah angka kemiskinan dan pengangguran yang sangat tinggi. Jumlah penduduk yang besar dan industrialisasi menyebabkan kerusakan lingkungan. Penggundulan hutan, kebakaran hutan, dan banjir dampaknya. Masalah lainnya diantaranya banyaknya bencana alam, sampah, kemacetan lalu lintas, dan korupsi.

1 comment:

  1. Jadi makin cinta ma Indonesia nie gan.
    Salam kenal gan.
    Jangan Lupa budaya sendiri

    ReplyDelete

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar ini, dan saya akan berusaha untuk membalasnya.

Ruler :
- Tidak berkata kasar
- Tidak spam
- Tidak promo/menaruh link aktif

Powered by Blogger.